create your own banner at mybannermaker.com!

Senin, 04 April 2011

5 Universitas Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gajah Mada
    Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia
    Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
2. Institut Teknologi Bandung
   Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.
   Sejarah ITB bermula seja awal abad kedua puluh, atas prakarsa masyarakat penguasa waktu itu. Gagasan mula pendirianya terutama dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. De Techniche Hoogeschool te Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw. 
3. Universitas Indonesia
    Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya.
    UI berdiri pada tahun 1849 dan merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, UI secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dan dunia. Bagaimanapun UI tidak bisa melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar dunia.

4. Universitas Kristen Petra

    Universitas Kristen Petra pendirian harus selalu dikaitkan dengan Kristen Petra Pendidikan dan Pengajaran Association atau PPPK Petra. PPPK Petra adalah persatuan Kristen yang didirikan pada 12 April 1951, dengan tujuan untuk menyediakan pendidikan dari tingkat TK sampai dengan SMA.
    Gagasan untuk mendirikan sebuah universitas yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para alumni untuk mendapatkan pendidikan tinggi telah ada sejak tahun 1956.
    Pada tanggal 21 September 1960, Komite Persiapan Perencanaan Pendirian Universitas dibentuk, dengan tugas untuk mempersiapkan semua kebutuhan untuk mendirikan universitas. Para anggota komite adalah: drg. Tan Tjiaw Yong, Gouw Loe Liong, drg. Tan Gie Djien, Tjoa Siok Tjoen, Lie Ping Lioe, dan Kwee Djien Kian. Setelah itu, berdasarkan pekerjaan mereka, pada tanggal 8 Agustus 1961, koordinator memutuskan untuk mendirikan Universitas Kristen Petra dengan departemen pertama, Fakultas Sastra.

5. Universitas Gunadarma
    Indonesia terus-menerus menghadapi gelombang komputerisasi, ini terjadi untuk menjadi jawaban dari sebuah pertanyaan mengenai kebutuhan pendidikan komputer untuk bangsa. Oleh karena itu, pada 7 Agustus 1981 sebuah program pendidikan komputer diluncurkan dengan nama Program Pendidikan Ilmu Komputer. Program ini menyediakan tidak hanya berkaitan dengan pemanfaatan komputer saja tetapi juga lembaga pendidikan tinggi yang memperdalam pengetahuan ilmu komputer.
     Buktinya menunjukkan perbaikan, sehingga, sebuah yayasan Matematika Riset Operasi dan Sistem Analis Pengembangan dibentuk untuk mengakomodasi Ilmu Komputer Program Pendidikan yang kemudian berubah menjadi Akademi Ilmu Komputer Indonesia.
    Jalan menuju kesempurnaan itu belum berhenti, akademi itu menaikkan tingkat ke Sekolah Tinggi. Untuk maksud itu, sekolah harus memiliki nama yang sama dengan Yayasan yang menjalankannya.
Akhirnya pada tanggal 14 Agustus 1984, Kopertis III konsolidasi nama Gunadarma Komputer dan Manajemen Informatika Sekolah Tinggi (STMIK Gunadarma) bersama dengan nama Yayasan Pendidikan Gunadarma.
    Nama "Gunadarma" dipilih pemikiran inspirasional dari seorang arsitek yang membangun salah satu dari "Tujuh keajaiban Dunia", yaitu Candi Borobudur, oleh era dinasti Syailendra. Terlebih lagi, Gunadarma berarti juga niat tulus pengabdian kepada masyarakat melalui sebuah sekolah tinggi.



0 komentar:

Posting Komentar